11 Rahasia dan Manfaat di Balik Tanaman Jahe


Rahasia dan Manfaat di Balik Tanaman Jahe
Jahe

Manfaat jahe sungguh banyak, tanaman yang dikenal dengan nama ginger atau dalam istilah latinnya disebut Zingiber officinale ini merupakan tanaman pekarangan berbentuk rimpang yang sangat populer dijadikan sebagai rempah-rempah sekaligus pengobatan alami. Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak dijadikan sebagai wedang atau dicampurkan dengan teh. Apabila dikonsumsi setiap hari, manfaatnya sungguh luar biasa. Dan berikut adalah rahasia dan manfaat jahe selengkapnya.

1.        Mengatasi peradangan
Manfaat pertama dari obat rumahan ini adalah untuk mengatasi peradangan karena mengandung senyawa gingerol, senyawa tersebut dipercaya memiliki sifat anti inflamasi.

2.        Mengatasi arthritis
Saat usia kita semakin tua, tulang kita semakin melemah, begitu juga dengan otot-otot yang sudah mulai berkurang sehingga metabolisme di dalam tubuh berjalan lambat. Penyakit yang sering dialami oleh mereka yang semakin tua dan jarang berolahraga serta tidak mengkonsumsi banyak kalsium adalah penyakit artritis. Baik penyakit artritis maupun osteoarthritis biasanya dapat diatasi dengan mengkonsumsi jahe setiap hari.

Rahasia dan Manfaat di Balik Tanaman Jahe
Minuman Jahe

3.        Mengatasi beberapa jenis kanker
Rahasia dan manfaat selanjutnya dari jahe yang tidak boleh anda lupakan adalah, tanaman ini mampu memerangi perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Apabila secara rutin dikonsumsi, kanker ovarium atau kanker usus bisa diobati dengan ekstrak jahe.

4.        Melancarkan peredaran darah
Saat cuaca sangat dingin, wedang jahe adalah salah satu minuman tepat untuk dikonsumsi pada saat itu. Ternyata selain memberikan kehangatan bagi tubuh, jahe mengandung ginger yang bersifat sebagai antikoagulan dan berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dengan cara mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan begitu, anda akan terhindar dari penyakit jantung maupun penyakit stroke. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh kita, maka oksigen dan nutrisi akan bisa disampaikan ke seluruh tubuh kita termasuk juga otak sehingga dapat berpikir dengan lebih baik.

5.        Mengatasi sakit lambung
Sakit pada lambung, entah itu penyakit lambung kronis atau penyakit lambung akut ternyata bisa juga diobati dengan memanfaatkan jahe. Namun ingat, anda tidak dianjurkan mengkonsumsinya terlalu banyak.

6.        Mengatasi gangguan pencernaan
Apabila anda kesulitan untuk buang air besar atau apabila usus teriritasi, ekstrak jahe bisa dimanfaatkan untuk mengobatinya.

7.        Menetralkan tekanan darah
Ini adalah kabar baik bagi anda yang mengidap tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi jahe ternyata bisa menyebabkan tubuh kita melepaskan hormon adrenalin yang akan memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih lancar dan meringankan kerja jantung.

8.        Melancarkan menstruasi
Khusus bagi anda (wanita) yang memiliki menstruasi tidak teratur, manfaatkan saja jahe untuk dikonsumsi setiap hari. Ini bisa melancarkan menstruasi dan membuat menstruasi anda lebih teratur. Apabila dicampurkan dengan gula dan dijadikan teh, manfaatnya akan membantu mengurangi sakit seperti kram pada saat menstruasi.

9.        Bermanfaat untuk mengatasi alergi
Rahasia selanjutnya dari tanaman jahe atau ginger ini adalah, bermanfaat untuk mengatasi alergi terutama apabila anda sering mengalami alergi akibat cuaca dingin.

10.   Mengatasi morning sickness
Setiap wanita hamil terutama pada trisemester pertama, kemungkinan besar mereka akan mengalami morning sickness yang ditandai dengan gejala mual-mual serta muntah. Masalah tersebut bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jahe.

11.   Melawan radikal bebas

Anda mungkin sedikit asing dengan radikal bebas. Di dalam tubuh kita, radikal bebas adalah penyebab kanker dan berbagai penyakit. Ada banyak makanan yang mengandung antioksidan dan bisa melawan radikal bebas. Salah satunya adalah jahe. Ini merupakan rahasia dan manfaat dibalik tanaman pekarangan tersebut yang harus anda tahu. Sehingga, mengkonsumsi jahe setiap hari, entah itu dijadikan sebagai campuran teh, dijadikan sebagai wedang, atau apabila ditambahkan ke dalam makanan, semuanya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Rahasia dan Manfaat di Balik Tanaman Jahe
Jahe

0 Response to "11 Rahasia dan Manfaat di Balik Tanaman Jahe"