Inilah 10 Manfaat Bangun Pagi yang sangat baik untuk Kesehatan


Inilah 10 Manfaat Bangun Pagi yang sangat baik untuk Kesehatan
Bangun Pagi

Berbicara mengenai kesehatan, gaya hidup yang kita jalani akan sangat berpengaruh, begitu juga dengan kebiasaan sehari-hari. Selain dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang terdiri atas sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan, kebiasaan kita untuk tidur dan beristirahat secara teratur minimal 7 hingga 8 jam sehari serta bangun di pagi hari ternyata merupakan kebiasaan sehat yang harus tetap dijaga.
Tidak sedikit manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bangun pada pagi hari sebelum matahari terbit, diantaranya adalah:

#1

Manfaat pertama dari bangun pagi-pagi adalah, kita memiliki kesempatan untuk berolahraga. Ini adalah manfaat yang tidak boleh dilupakan karena dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat dan bugar, darah akan menjadi lancar, serta otak juga akan bekerja dengan baik karena adanya pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. Semua itu bisa didapatkan karena peredaran darah yang lancar akibat olahraga.

#2

Dengan berolahraga peredaran darah di dalam tubuh akan menjadi lancar sehingga nutrisi dan oksigen bisa sampai serta disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh serta otak. Di dalam banyak penelitian, ditemukan bahwa, mereka yang berolahraga setiap pagi memiliki otak yang lebih cerdas, memiliki kemampuan mengingat lebih kuat serta memiliki konsentrasi yang lebih baik. Dengan adanya modal tersebut, mereka yang cenderung rutin berolahraga setiap pagi menjadi lebih produktif di tempat kerja.

#3

Sering melewatkan sarapan adalah salah satu biang masalah kesehatan. Dengan sering melewatkan sarapan, tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bekerja. Begitu juga dengan otak, otak akan kesulitan berkonsentrasi karena apa yang dibutuhkannya tidak terpenuhi.
Dengan bangun lebih pagi kita akan memiliki waktu untuk masak dan sarapan sehingga pada siang hari kita tetap bisa berkonsetrasi, tidak akan kelaparan, dan tidak akan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang dapat memicu obesitas, tekanan darah tinggi serta penyakit lainnya.

#4

Dengan bangun pagi, kita akan memiliki kesempatan untuk tidur lebih awal pada malam harinya. Dengan begitu, tidur kita akan menjadi rutin dan cukup setidaknya 7 hingga 8 jam apabila kita mulai dari pukul 21.00 atau pukul 22.00.
Sebaliknya, kurang tidur menyebabkan seseorang bisa menderita obesitas, mengganggu konsentrasi pada siang hari, dan menurunkan produktivitas. Termasuk juga menyebabkan kekurangan darah dan lain-lain.

#5

Membiasakan diri bangun siang sebenarnya bukanlah kebiasaan yang baik, mengingat tidur lebih dari 9 jam menyebabkan imun tubuh menurun. Itulah sebabnya apabila kita kebanyakan tidur, misalnya pada akhir pekan, tubuh kita terasa lemas dan tidak bergairah.

#6

Khusus untuk wanita, apabila mereka rajin bangun pagi, kanker payudara bisa dicegah dan diatasi. Manfaat bangun pagi tersebut bisa didapatkan apabila wanita secara rutin keluar ruangan untuk mandi sinar matahari pada pagi hari.

#7

Bagi anda yang selama ini mengidam-idamkan kulit sehat, bersinar, dan tampak awet muda, anda juga membutuhkan sinar matahari pagi. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk bangun pagi karena sinar matahari pagi dapat pembantu kulit kita melakukan regenarasi sel-sel sehingga tampak lebih muda dan lebih kencang.

#8

Selain bersumber dari makanan, untuk membantu anak tumbuh dan berkembang, serta agar mereka memiliki tulang yang kuat dan sehat, anak-anak juga harus berjemur di bawah sinar matahari pagi. Menurut beberapa penelitian, berjemur selama 15 menit setiap hari di matahari pagi akan mencegah seseorang dari penyakit rakhitis.

#9

Bagi anda yang kelebihan kolesterol, bangun pagi juga akan memberikan banyak manfaat. Karena sinar matahari yang ada pada pagi hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

#10

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan selanjutnya yang tidak boleh anda lupakan adalah, untuk meningkatkan vitalitas terutama bagi pria.

Tentunya, selain bermanfaat untuk kesehatan, bangun pagi juga dapat memberikan banyak keuntungan lainnya seperti: menyebabkan seseorang yang rutin bangun pagi memiliki sikap positif, tubuhnya cenderung rileks, memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, serta lebih bersemangat saat berada di tempat kerja.


0 Response to "Inilah 10 Manfaat Bangun Pagi yang sangat baik untuk Kesehatan"