Jenis- Jenis Penyakit Batuk dan Cara Menyembuhkan Penyakit Batuk


Jenis- Jenis Penyakit Batuk dan Cara Menyembuhkan Penyakit Batuk
Penyakit Batuk

Kebanyakan batuk disebabkan karena saluran pernapasan yang tersumbat. Akan tetapi, batuk juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang lainnya. Batuk bisa menyebar dan menginfeksi seseorang melalui udara. Mereka yang tidak menjaga kebersihan dan kesehatan serta memiliki imun tubuh yang rendah cenderung mudah sakit dan terserang batuk. Begitu juga dengan mereka yang sehat, apabila sering berdekatan dengan orang yang batuk bisa menyebabkan mereka tertular.

Penyebab Batuk

Selain karena tersumbatnya saluran pernapasan akibat dahak, lendir, atau yang lainnya, batuk juga bisa disebabkan karena bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan. Bisa juga karena adanya virus yang menyebabkan imun tubuh berkurang, kebiasaan merokok, dan penyakit tertentu seperti penyakit paru-paru kronis, semuanya dapat menyebabkan seseorang batuk-batuk.

Jenis Batuk

A.      Batuk kering (non-produktif)
Batuk kering atau yang biasa dikenal sebagai batuk non produktif yaitu batuk tanpa dahak. Bisa disebabkan karena: infeksi virus, alergi, penggunaan obat-obatan, penyakit bronkospasme, asma dan bisa juga disebabkan karena saluran pernapasan yang tersumbat.

B.       Batuk berdahak (Produktif)
Sedangkan untuk batuk berdahak atau yang biasa dikenal dengan istilah batuk produktif pada umumnya disebabkan karena infeksi bakteri yang ada pada saluran pernapasan, infeksi virus, penyakit paru-paru seperti Chronic obstructive pulmonary disease, penyakit GERD, karena pilek atau flu, dan bisa juga disebabkan oleh kebiasaan merokok.

C.      Batuk kronis
Batuk kronis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mengalami penyakit batuk lebih dari 2 mingg,u entah itu satu bulan atau sudah bertahun-tahun. Penyebab batuk itu bisa disebabkan karena: Tuberkulosis, karena asma, atau karena penyakit yang lainnya.

D.      Batuk akut
Sedangkan batuk akut biasanya berlangsung dalam waktu yang tidak terlalu lama, misalnya kurang dari 2 minggu. Penyebab batuk ini diantaranya adalah infeksi sinus, masuk angin, influenza atau yang lainnya.

Cara Mudah Mengatasi Batuk

Jenis- Jenis Penyakit Batuk dan Cara Menyembuhkan Penyakit Batuk
Penyakit Batuk


Untuk mengatasi batuk, terlebih dahulu anda dianjurkan berkonsultasi ke dokter. Setelah itu anda bisa mengetahui jenis penyakit batuk yang anda derita sehingga anda akan lebih mudah melakukan penanganan.

Anda juga bisa melakukan beberapa pengobatan menggunakan bahan-bahan alami seperti dengan jeruk nipis, jahe, kencur, daun sirih, kunyit, dan lain-lain.

1.        Mengobati batuk dengan asam jawa
Asam jawa bisa dimanfaatkan apabila dicampurkan dengan gula merah. Persiapan yang harus anda lakukan adalah: Pertama, ambil daging buah asam jawa secukupnya kemudian masukkan ke dalam air panas, lalu tambahkan gula merah. Setelah itu, aduk hingga rata kemudian minum.

2.        Memanfaatkan jeruk nipis
Pengobatan alami ini sudah cukup terkenal dan cara pemanfaatanya pun sederhana saja. Sediakan jeruk nipis kemudian peras dan ambil airnya. Tambahkan sedikit kecap, lalu minumlah air perasan jeruk nipis tersebut sebanyak dua atau tiga kali sehari.

3.        Memanfaatkan Jahe
Obat penyakit batuk alami lainnya yang terkenal dapat mengatasi penyakit batuk dengan cepat adalah wedang jahe. Cara membuat wedang jahe, anda bisa menyediakan beberapa ruas jahe kemudian tumbuk hingga hancur lalu rebus. Kemudian minum air rebusan jahe tersebut setiap pagi untuk meredakan dan mengobati batuk.
Selain untuk mengobati penyakit batuk, jahe juga dapat di pakai untuk mengobati berbagai penyakit. untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi 11 rahasia dan manfaat di balik tanaman jahe

4.        Kencur
Pengobatan lain yang tidak kalah efektifnya adalah kencur. Kurang lebih sama seperti jahe, kencur juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh atau dijadikan wedang.

5.        Belimbing wuluh
Belimbing wuluh tidak terlalu sulit ditemukan dan memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi batuk. Buah yang berasa masam dan kecut ini terkenal ampuh untuk mengobati berbagai jenis batuk. Cara memanfaatkannya, sediakan beberapa buah belimbing wuluh kemudian tumbuk hingga halus lalu tambahkan sedikit garam dan masukkan ke dalam segelas air. Setelah itu, aduk hingga rata kemudian minum.

Untuk menghindari penyakit batuk, anda dianjurkan rutin berolahraga, mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dan jangan lupa beristirahat. Selain itu, hindarilah merokok, atau apabila anda tidak merokok, sebisa mungkin anda harus menghindar dari perokok aktif. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga, maka imun tubuh akan tetap terjaga sehingga tidak mudah terinfeksi oleh bakteri atau virus.


0 Response to "Jenis- Jenis Penyakit Batuk dan Cara Menyembuhkan Penyakit Batuk"