inilah Penyebab Penyakit Ginjal, Obat Alami, Serta Cara Mengatasinya



ketahuila ini Penyebab Penyakit Ginjal, Obat Alami, dan Cara Mengatasinya
Sakit Ginjal

Sakit ginjal sangat berbahaya. Akan tetapi hanya sedikit orang yang mau peduli dan mau mengantisipasinya. Agar bisa terhindar dari penyakit tersebut, gaya hidup sehat wajib untuk dijalani dan anda juga harus tahu beberapa penyebabnya.

Penyebab Sakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat menyebabkan kematian. Baik itu gagal ginjal kronis atau gagal ginjal akut keduanya sama-sama berbahaya. Diantara penyebab sakit ginjal adalah:

1.        Kurang minum air
Seringkali kita tidak mendengarkan apa yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan yaitu, minum 8 gelas atau 2 liter air per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan. Jika kita tidak minum cairan dalam jumlah yang dibutuhkan terutama pada saat kita mengalami dehidrasi, hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada ginjal. selain baik untuk ginjal  air putih juga sangat baik bagi bagian tubuh lainnya jika di konsumsi secara teratur.

2.        Penyakit tertentu
Penyakit seperti malaria, demam berdarah, dan leptospirosis dapat menyebabkan sakit ginjal. Ini merupakan infeksi yang dapat menyebabkan gagal ginjal sehingga harus mendapatkan penanganan khusus.

3.        Saluran kencing yang tersumbat
Apabila saluran kencing tersumbat, air seni (urin) bisa kembali ke ginjal sehingga menyebabkan kerusakan. hambatan dalam bentuk apa saja dapat berbahaya. Misalnya, pada pria, apabila terjadi pembesaran pada prostat dan tidak segera diatasi, hal tersebut akan berakibat fatal.

4.        Makanan
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata juga memiliki andil dalam menyebabkan kita mengalami sakit ginjal. Contoh kecil, petai dan jengkol adalah 2 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak.

5.        Obat-obatan
Penyebab penyakit ginjal lainnya adalah obat-obatan seperti: obat kanker, beberapa antibiotik, obat anti darah tinggi, dan obat penahan nyeri.

6.        Kencing manis atau diabetes
Diabetes atau kencing manis juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal.

7.        Penyakit darah tinggi
Selain itu, yang harus anda waspadai adalah penyakit darah tinggi yang dapat memancing munculnya beberapa penyakit lain seperti jantung dan stroke. Tidak hanya itu, darah tinggi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal kronis.

8.        Penyakit dan radang ginjal
Ada beberapa penyakit seperti: penyakit ginjal polikistik, infeksi HIV, dan penyakit imunitas yang dapat menyebabkan peradangan pada ginjal. Peradangan tersebut akan merembet dan menyebabkan gagal ginjal kronis.

Gejala Penyakit Ginjal

ketahuila ini Penyebab Penyakit Ginjal, Obat Alami, dan Cara Mengatasinya
Ginjal Manusia

Seseorang yang mengalami sakit pada ginjalnya akan merasakan beberapa gejala berikut ini.
l  kejang
l  mual dan muntah
l  diare
l  sesak nafas
l  mudah ngantuk
l  pingsan
l  terjadi pembengkakan pada kaki dan tungkai
l  sulit buang air kecil
l  kencing berdarah
l  nyari pada tulang
l  tinja berdarah
l  pembengkakan pada perut
l  menyebabkan kulit berubah menjadi gelap
l  dll

Mencegah Penyakit Ginjal

Mencegah penyakit ginjal bisa dilakukan dengan cara:
Mengurangi asupan garam dan semua makanan yang mengandung natrium tinggi sebaiknya dihindari. Dengan begitu tekanan darah tinggi tidak akan anda alami. Selanjutnya, yang memiliki penyakit diabetes sebaiknya mengindari gula dan secara khusus melakukan penanganan terhadap penyakit tersebut.

Untuk mencegah dehidrasi, kita dianjurkan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup atau kita juga bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan maupun sayuran. Sebisa mungkin jangan tahan saat anda ingin buang air kecil karena cukup berbahaya. Kemudian konsumsilah makanan yang tepat terdiri atas sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. Makanan seperti asparagus, bawang putih, daun peterseli, buah semangka, jeruk dan buah lemon merupakan makanan makanan yang dianjurkan.
Disamping itu, berolahragalah secara rutin, dan apabila anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan penyakit ginjal dan yang dapat memperparahnya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Obat Alami untuk Penyakit Ginjal

Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami penyakit ginjal, obat alami terbaik untuk penyakit ini diantaranya adalah, rajin minum air putih, anda juga bisa mengkonsumsi beberapa buah-buahan yang telah disebutkan sebelumnya seperti buah jeruk, lemon, semangka dan buah pir.

Selain menggunakan pengobatan secara alami, anda juga dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan beberapa perawatan medis. Mereka yang sudah mengalami gagal ginjal harus melalui prosedur medis. Misalnya dengan mengatasi penyebab tersumbatnya saluran kemih, beberapa orang mungkin harus menjalani cuci darah, dan lain-lain.

Setelah anda mengetahui berbagai penyebab penyakit ginjal, obat alaminya, serta cara untuk mengatasinya, anda juga tetap dianjurkan secara rutin berolahraga dan beristirahat dalam jumlah yang cukup. Hindari terlalu sering begadang, hindari juga semua makanan yang tergolong dalam junk food.


0 Response to "inilah Penyebab Penyakit Ginjal, Obat Alami, Serta Cara Mengatasinya"