10 Tips Sederhana Agar Memiliki Tubuh Sehat

10 Tips Sederhana agar Memiliki Tubuh Sehat
Tips Sederhana Agar Memiliki Tubuh Sehat
Saat ini, kita sangat membutuhkan gaya hidup sehat untuk bisa bersaing di dunia kerja dan untuk membuat pikiran serta tubuh kita memiliki sifat yang positif. Selain itu, saat ini kita tinggal di zaman yang sudah sedikit berbeda dengan beberapa dekade silam. Kita hidup pada zaman dimana sayuran yang seharusnya sehat seringkali terkontaminasi dengan pestisida, kita hidup di zaman yang banyak mengandalkan elektronik dan mesin sehingga kita cenderung lebih malas. Selain itu, makanan saat ini cenderung terasa enak dan nikmat namun adanya penyedap, pengawet dan berbagai bahan sitetis membuatnya sangat berbahaya.

Jika anda ingin hidup sehat, berikut adalah beberapa tips sederhana agar memiliki tubuh sehat, berkualitas, dan umur panjang.

1.        Menjalani gaya hidup sehat
Salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Tips gaya hidup sehat yang anda jalani mewakili semua kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menjauhkan anda dari penyakit. Bagian dari gaya hidup sehat adalah beberapa poin di bawah ini.

2.        Memilih makanan yang tepat dan sehat
Makanan yang sehat bukan hanya makanan yang bersifat organik melainkan makanan yang tepat bagi anda. Beberapa orang memiliki penyakit kronis semisal penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Masing-masing anda, memiliki kebutuhan akan makanan yang berbeda-beda dengan kuantitas yang juga berbeda-beda sehingga, sangat penting untuk mengetahui makanan apa saja yang terbaik bagi diri anda.

Namun secara umum, untuk hidup sehat kita harus mengkonsumsi makanan makanan nabati mulai dari biji-bijian seperti beras merah, kedelai, kacang-kacangan, dan berbagai jenis sayur termasuk juga buah-buahan, telur, dan produk susu.

3.        Rutin bangun pagi
Apabila anda ingin memiliki tubuh yang sehat, ingin memiliki pikiran yang positif dan terhindar dari stress serta obesitas, anda harus mencoba tips sederhana agar memiliki tubuh sehat yang satu ini karena sangat mudah di lakukan yaitu rutin bangun pagi. Bangun pagi kita memiliki banyak kesempatan untuk sebutkan berbagai kegiatan seperti olahraga, sarapan, membersihkan diri dan lingkungan. Selain itu, bangun pagi juga akan memberikan kita kesempatan untuk terkena sinar matahari pagi yang sangat sehat.


4.        Tidur 8 jam sehari
Saat ini pekerjaan semakin menuntut dan gaya hidup menyebabkan kebutuhan akan uang terus meningkat. Alasan itulah yang menyebabkan banyak orang kemudian kurang tidur setiap hari. Padahal, resiko kesehatan yang mereka hadapi sangat besar karena kurang tidur. Jadi, sebisa mungkin anda harus tidur 7 hingga 8 jam atau sesuai dengan kebutuhan setiap malam. Tidurlah lebih awal, matikan televisi, matikan gadget atau non-aktifkan notifikasinya dan jangan lupa untuk mematikan lampu agar tidur lebih nyenyak.

5.        Jangan lupakan air putih
Bagian dari gaya hidup sehat adalah mengkonsumsi air putih 8 gelas atau setara dengan 2 liter, atau lebih apabila anda adalah orang yang aktif. Air putih akan membantu membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urine.

Baca Juga: Rahasia Air Putih

6.        Hindari rokok dan polusi
Tips sederhana agar memiliki tubuh sehat selanjutnya ialah hindari rokok dan polusi, banyak diantara kita yang mungkin saja merokok. Kebiasaan merokok sudah pasti tidak sehat. Apabila anda bisa berhenti, lebih dianjurkan untuk berhenti karena akan berdampak sangat positif. Tidak hanya untuk diri anda, melainkan juga untuk orang-orang yang juga berada di sekitar anda. Sama halnya dengan rokok, polusi udara juga sangat berbahaya sehingga anda dianjurkan untuk sering menggunakan masker apabila berada di jalan raya. Untuk mendapatkan udara segar, anda juga dianjurkan sesekali pergi ke pantai, kepedesan, atau tempat-tempat yang hijau seperti taman.

7.         Jangan takut sinar matahari
Banyak orang takut hitam karena sinar matahari. Padahal, sinar matahari memiliki dampak yang cukup positif. Apabila kita berada dan terkena sinar matahari. Terutama sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D akan memberikan banyak manfaat mulai dari, menyehatkan kulit, mencegah kanker, melancarkan peredaran darah, membuat kita berpikir positif dan memiliki mood bagus, serta dapat membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat.

8.        Jaga kebersihan
Tidak hanya menjaga kebersihan diri sendiri, namun lingkungan juga perlu diperhatikan. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih. Pada musim hujan, penyakit sangat mudah berkembang. Oleh sebab itu, berikan perhatian khusus pada lingkungan tempat anda tinggal setiap hari khususnya pada musim hujan

9.        Berolahraga secara rutin
Kita cenderung lebih suka bekerja di kantor yang tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Namun sayangnya, kebiasaan bekerja seperti itu justru tidak sehat. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk rutin berolahraga setiap hari, entah itu pada pagi hari atau sore hari. Olahraga setidaknya 30 menit akan membuat imun tubuh meningkat, stamina bertambah dan energi menjadi lebih baik.

10.    Manajemen stress
Satu hal yang tidak boleh anda lewatkan apabila ingin hidup sehat. Tips sederhana agar memiliki tubuh sehat ini adalah, anda harus pandai-pandai manajemen stress. Stres adalah silent killer yang selama ini selalu diabaikan oleh banyak orang. Stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung dan lain-lain. Kita harus pandai-pandai menghindarkan diri dari stres dengan berlibur, , menenangkan diri, melakukan aktivitas positif seperti berolahraga atau menyalurkan hobi, dan lain-lain.


0 Response to "10 Tips Sederhana Agar Memiliki Tubuh Sehat"