Gejala Sakit Lambung dan Cara Mengatasinya

Sakit lambung adalah penyakit yang biasanya ada pada sistem pencernaan, bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti sensasi terbakar di dada, menyebabkan rasa perih di perut, menyebabkan kembung, dan lain-lain.

Gejala Sakit Lambung dan Cara Mengatasinya
Penyakit Lambung

Macam-macam Masalah Lambung

Asam lambung naik

Asam lambung adalah senyawa yang biasa disebut asam klorida memiliki beberapa fungsi dan manfaat terutama untuk membunuh kuman, mengubah pepsinogen menjadi pepsin. Bermanfaat juga untuk merangsang hati, pankreas dan usus untuk mencerna makanan, kemudian berfungsi juga untuk mempercepat reaksi protein, pepsin, dan air. Asam lambung tersebut juga sangat bermanfaat untuk mengendurkan pilorus.

Apabila terserang sakit lambung, misalnya asam lambung naik, hal tersebut dapat menyebabkan rasa masam pada mulut, dan yang lebih parah, dapat menyebabkan seseorang pingsan. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, asam lambung akan mengalami ketidakseimbangan.

Sakit maag

Penyebab utama sakit maag biasanya adalah naiknya asam lambung. Sekresi asam lambung berlebihan yang menyebabkan asam lambung naik dapat disebabkan karena kita mengkonsumsi makanan yang terlalu keras atau bisa juga disebabkan karena:
l  Terlalu banyak beban pikiran sehingga menyebabkan stres dan kurang beristirahat.
l  Sering mengkonsumsi makanan pedas dan asam.
l  Makan terlalu sedikit, misalnya pada saat diet.
l  Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol.
l  Makan tidak teratur, dan dapat juga disebabkan karena asupan makanan yang salah.
l  Selain itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet juga dapat memicu naiknya asam lambung.

Gejala Asam Lambung

Gejala Sakit Lambung dan Cara Mengatasinya
Gejala Asam Lambung


Beberapa gejala asam lambung yang paling umum adalah: perut terasa perih dan kembung kemudian dapat menyebabkan muntah-muntah. Anda harus mewaspadai beberapa makanan yang bisa memicu asam lambung naik seperti: kopi, minuman beralkohol dan bersoda. Beberapa buah-buahan seperti buah salak, buah durian dan buah nangka. Kemudian anda juga harus mewaspadai makanan seperti mie instan atau berbagai jenis mie yang lainnya, sate kambing, ubi, dan makanan-makanan lain yang asam serta mengadung gas.

Cara Mengatasi Sakit Lambung

Untuk mengatasi sakit lambung, entah itu sakit maag atau karena asam lambung yang naik, anda dianjurkan menghindari semua makanan yang telah disebutkan pada point sebelumnya serta makanan makanan pedas, kemudian sayur asam juga sebaiknya dihindari.

Untuk mengobatinya, ada beberapa cara yang bisa anda manfaatkan, berikut beberapa diantaranya:
Ubah gaya hidup anda. Apabila gaya hidup yang anda jalani tidak sehat, misalnya tidak tidur teratur atau jarang beristirahat, sebaiknya anda segera mengubah kebiasaan tersebut. Caranya adalah dengan tidur tepat waktu, dan setidaknya pada malam hari anda harus tidur 7 hingga 8 jam.

Apabila selama ini anda cenderung stres karena pekerjaan, karena faktor ekonomi, atau karena hubungan di dalam keluarga, cobalah untuk memanajemen stres dengan pergi berlibur, menyalurkan hobi atau dengan berolahraga.

Cara lain mengatasi sakit lambung adalah dengan memanfaatkan jahe. Dalam sehari, dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 gram bubuk jahe yang dicampurkan dengan segelas air hangat. Namun ingat, anda tidak dianjurkan mengkonsumsi secara berlebihan karena justru dapat mengakibatkan hal sebaliknya.
lebih jauh mengenai khasiat tanaman jahe ini, silahkan kunjungi Rahasia Dan Manfaat Jahe

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah pisang. Mengkonsumsi pisang selain sangat baik untuk menyehatkan usus dan membantu melancarkan BAB, pisang juga mengandung antasida yang bermanfaat untuk mengurangi produksi asam secara berlebihan di dalam lambung.



0 Response to "Gejala Sakit Lambung dan Cara Mengatasinya"