7 Cara Paling Efektif untuk Memutihkan Gigi

Pada dasarnya, gigi kita tidak berwarna putih, melainkan warnanya adalah kekuning-kuningan. Itu adalah warna asli gigi menurut para ahli medis. Namun sayangnya, gigi yang kekuning-kuningan diidentikkan dengan gigi yang tidak sehat, tidak menarik dan kotor. Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang bisa kita manfaatkan untuk memutihkan gigi sehingga akan terlihat lebih bersih, menarik dan membuat senyum kita menjadi lebih manis.

Ada beberapa cara efektif untuk memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami. Selain menyikat gigi dua atau tiga kali sehari, merawat dan menjaga gigi juga melibatkan makanan yang kita konsumsi serta gaya hidup yang kita jalani. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara efektif untuk memutihkan gigi.

Kenali penyebab gigi kuning

7 Cara Paling Efektif untuk Memutihkan Gigi
Cara Memutihkan Gigi
Langkah pertama sebelum anda memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan tertentu, pastikan anda jika mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan gigi berubah menjadi kuning sehingga terlihat tidak menarik dan jorok. Berapa poin berikut ini sebaiknya anda ingat karena biasanya inilah yang menyebabkan gigi rusak dan berwarna tidak menarik.

l  Tidak membersihkan gigi terutama setelah makan.
l  Terlalu cepat menyikat gigi setelah setelah memakan-makanan asam karena dapat menyebabkan enamel gigi terkikis.
l  Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gigi berwarna kuning dan rusak.
l  Berbagai jenis makanan dan minuman dapat menyebabkan kerusakan pada gigi terutama apabila tidak segera dibersihkan misalnya, minuman berkafein seperti kopi, coklat, makanan makanan manis yang banyak mengandung gula seperti buah-buahan kering dan kue.
l  Selain itu, tidak membersihkan sisa plak yang ada pada gigi dengan flossing atau dengan menggunakan sikat gigi akan menyebabkan gigi berwarna kuning.
l  Kemudian faktor genetik juga bisa menjadi alasan mengapa gigi seseorang kuning untuk masalah ini, anda dianjurkan berkonsultasi dengan dokter gigi.

Cara Efektif Memutihkan Gigi

1.        Sikat gigi minimal 3 menit
Cara pertama yang paling dianjurkan untuk memutihkan gigi adalah dengan menyikatnya dua kali atau tiga kali sehari terutama setengah jam setelah makan. Sikat gigi sangat dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur dan pada malam hari sebelum anda tidur.
Selain itu, kebiasaan menyikat gigi terlalu cepat, terlalu keras dan terlalu sebentar juga harus dirubah. Biasakanlah menyikat gigi menggunakan sikat berbulu lembut, pastikan anda menyikat gigi setidaknya 3 menit hingga 5 menit dan pastikan anda menggosok gigi naik turun dari atas ke bawah serta lakukan juga gerakan melingkar atau memutar.

2.        Manfaatkan kulit pisang & kulit jeruk
Kulit pisang maupun kulit jeruk atau kulit lemon bisa dimanfaatkan. Bagian dalam dari kulit kulit tersebut bisa digunakan untuk menggosok gigi selama kurang lebih 2 menit kemudian cuci dengan air dingin. Lakukan secara rutin apabila anda ingin segera mendapatkan gigi yang lebih putih. Namun ingat, jangan langsung menyikat gigi setelah anda menggunakan kulit lemon atau kulit jeruk karena dapat menyebabkan lapisan gigi menipis.

3.        Menggunakan baking soda
Baking soda adalah produk rumah tangga yang bisa kita temukan dengan mudah serta memiliki banyak manfaat terutama untuk membuat kue dan untuk membersihkan banyak hal, mulai dari pakaian, peralatan dapur, hingga membersihkan gigi.

Cara memanfaatkannya cukup sederhana, ambil satu sendok teh baking soda kemudian campurkan dengan air lalu aduk hingga rata. Setelah pasta tersebut siap, oleskan di gigi anda dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bersihkan. Namun ingat, jangan terlalu sering menggunakan metode ini karena dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif.

4.        Permen karet
Mengunyah permen karet tanpa gula atau permen karet yang diformulasikan untuk membersihkan gigi juga bisa cukup efektif untuk memutihkan gigi dan menjaga agar gigi tetap sehat dan kuat.

Buah Apel
Mengunyah buah apel dipercaya bisa membuat gigi menjadi lebih putih. Selain itu, mengunyah buah apel juga akan membantu menjaga gigi agar tetap sehat dan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan.

5.        Garam
Garam adalah bahan alami yang juga efektif untuk memutihkan gigi selain. Cara memanfaatkan garam untuk memutihkan gigi cukup sederhana. Pertama, siapkan garam dapur kemudian tambahkan sedikit minyak mustard, lalu campurkan. Gunakan sikat gigi untuk menerapkannya pada gigi anda. Gosokan secara perlahan selama beberapa menit. Lakukan setiap pagi. Garam selain dapat membersihkan dan memutihkan gigi, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut.

6.        Siwak
Cara lain yang juga ampuh dan efektif namun sederhana untuk memutihkan gigi adalah dengan memanfaatkan siwak. Kayu siwak memiliki zat tertentu yang dapat menjaga kesehatan mulut dan bisa dimanfaatkan untuk membersihkan gigi serta membersihkan sisa-sisa makanan. Secara rutin memanfaatkan sifat dapat membuat diri kita menjadi lebih putih dan sehat serta kuat.

Baca Juga:






0 Response to "7 Cara Paling Efektif untuk Memutihkan Gigi"