Fakta Menarik Dibalik Makanan Pedas

Fakta Menarik Dibalik Makanan Pedas
Fakta Menarik Dibalik Makanan Pedas

Bagi pecinta makanan pedas, menikmati sebuah hidangan belum lengkap rasanya jika tidak ada rasa pedas di dalamnya. Bagi mereka, makan masakan pedas merupakan hasrat dan kenikmatan tersendiri. Entah berupa sambal colek, kuah pedas, dan bentuk rasa pedas lainnya.

Padahal setelah makan, efek yang ditimbulkannya tidak sedikit pula menjadi keluhan, seperti perut mulas, mulut terasa panas hingga diare. Namun semua ibarat tambahan bumbu pemanis bagi para penikmat makanan pedas.

Dibalik itu, ada manfaat yang dapat diambil dari makanan pedas ini. Salah satu yang paling populer adalah mampu menurunkan berat badan. Selain itu, apa saja informasi yang kita dapatkan dari makanan pedas ini? Baiklah berikut uraiannya.


Fakta seputar makanan pedas

Lebih bijak
Makanan pedas ternyata sangat baik untuk memacu sistem metabolisme tubuh lebih cepat. Akan tetapi tetap harus bijak dalam mengkonsumsi makanan ini. Jangan terlalu berlebihan, agar tidak mudah terkena keluhan yang lebih akut, seperti diare dan maag.


Jerawat
Makanan pedas bukanlah penyebab utama timbulnya jerawat di wajah. Akan tetapi ada pengaruh lainnya yang menyebabkannya. Meski demikian, tetaplah waspada mengenai hal ini.
Baca:Cara Alami Menghilangkan Jerawat


Respon otak
Ada yang menarik soal respon otak saat makan masakan pedas. Yakni otak akan segera merespon untuk memberikan ketenangan dalam tubuh. Meski mulut dan lidah sudah merasakan rasa getir pedasnya, namun hati sudah mendapatkan rangsangan dari syaraf otak tersebut.


Asam lambung
Jika Anda memiliki asam lambung yang tinggi, disarankan agar tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sebab keluhan akut seperti maag dan lambung lecet akan muncul.
Baca: Informasi Seputar Asam Lambung

Lapisan perut
Lapisan perut yang banyak dikabarkan bisa lecet akibat makanan pedas ini sebenarnya tidak benar. Yang menggerogoti lapisan perut tersebut bukan karena rasa pedas makanan tersebut, akan tetapi sejumlah bakteri ataupun parasit yang menempel di dalamnya. Setidaknya demikianlah hasil dari penelitian tentang hal ini.


Candu
Adakah rasa candu dalam makanan pedas? Meski ada yang membenarkannya, akan tetapi hal itu tidaklah sepenuhnya benar.


Mitos ibu hamil
Informasi yang salah mengenai efek makanan pedas dengan kondisi ibu hamil juga sudah berhembus. Banyak orang yang mengatakan, agar ibu hamil mengurangi konsumsi makanan pedas demi menjaga kondisi janin. Mitos yang berkembang, jika ibu hamil makan masakan pedas, maka bisa mengakibatkan kehamilan premature. Informasi ini tidaklah benar. Sebab hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan korelasi positif antara kedua hal tersebut.


Dari kebenaran fakta yang ada, tidak dapat disembunyikan lagi, bahwa makanan pedas memiliki keeksotisan tersendiri yang layak dinikmati dengan sewajarnya.

Demikian ulasan seputar fakta tentang makanan pedas. Semoga bermanfaat dan menambah referensi tentang dunia kesehatan.


0 Response to "Fakta Menarik Dibalik Makanan Pedas"