Fakta Tak Terduga Seputar Hidung

Fakta Tak Terduga Seputar Hidung
Hidung


Hidung adalah salah satu dari lima panca indera yang termasuk dalam indera penciuman. Berfungsi untuk mengenali aroma dan bau yang ada di sekitar kita.

Selain sebagai indera penciuman, hidung juga bisa menjaga struktur dan karakter seseorang melalui wajah. Bentuknya yang beraneka rupa juga menjadi daya tarik tersendiri mengenai hidung ini.

Namun demikian, tahukah Anda bahwa ternyata hidung menyimpan rahasia unik dan menarik untuk diteliti. Apa saja hal-hal menarik seputar fakta tentang hiudng ini? Mari kita simak ulasannya berikut ini.


Fakta menarik seputar indera penciuman

*) 1 trilyun macam aroma
Inilah hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti di tahun 2014. Hidung mampu mencium dan mendeteksi sebanyak 1 trilyun aneka macam aroma yang berbeda-beda. Sebuah alat yang sangat istimewa tentunya.


*) Perbaruan sel
Satu-satunya syaraf dalam tengkorak manusia yang bisa meregenerasi adalah indera penciuman. Syaraf inilah yang bisa mengointrol fungsi tubuh termasuk indera yang lainnya, yakni telinga, rasa dan juga mata.


*) Mengontrol perasaan
Indera penciuman juga bisa mendeteksi munculnya rasa jijik terhadap sesuatu hal. Selain itu juga bisa mendahului emosi saat takut akan suatu hal.


*) Indra tertua
Sel indera penciuman mampu mendeteksi kandungan bahan-bahan kimia. Dan ini merupakan temuan paling tua yang pernah ada. Bahkan hewan sel tunggal sekalipun baru bisa mendeteksi bahan kimia melalui lingkungan.


*) Wanita dibanding pria
Sebuah studi ilmiah meyebutkan bahwa indera penciuman yang dimiliki wanita lebih tajam dan kuat dibanding milik pria. Hal ini disebabkan karena daerah prefrontal orbital di dalam otak wanita yang mampu mendeteksi perasaan yang paling lembut sekalipun.

Jika Anda sampai kehilangan atau menghalami penurunkan fungsi indera penciuman, maka waspadalah akan bahaya lain yang mengancam. Yakni pasti telah terjadi penurunan fungsi di dalam sel otak. Untuk itu berhati-hatilah untuk senantiasa tetap menjaga kesehatan indera penciuman hidung ini.

Demikian fakta menarik seputar hidung sebagai indera penciuman. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Fakta Menarik Dibalik Makanan Pedas
5 Herbal Yang Bikin Awet Muda
Cara Efektif Agar Berhenti Ngorok

0 Response to "Fakta Tak Terduga Seputar Hidung"