Bukan Hanya Air, Deretan Makanan Ini Baik Untuk Mencegah Dehidrasi

Bukan Hanya Air, Deretan Makanan Ini Baik Untuk Mencegah Dehidrasi

Tidak ada yang bisa menyangkal, bahwa air memiliki fungsi untuk menambah cairan tubuh. Bahkan lebih dari itu, air merupakan senyawa yang pokok bagi kehidupan manusia. Bisa diartikan pula, jika tanpa air, niscaya tak ada kehidupan. Hal ini dipertegas adanya temuan bahwa 70% komponen yang ada di dalam tubuh manusia terdiri dari air.

Mengingat pentingnya air bagi kehidupan, wajarlah kiranya jika konsumsi air tidak boleh sampai kurang. Apabila sampai kekurangan cairan, dampak kesehatan tubuh akan segara muncul. Untuk itu disarankan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari guna menyediakan cairan di dalam tubuh.

Dan ternyata, tidak hanya air putih saja sebagai sarana penambah cairan di dalam tubuh. Akan tetapi ada beberap makanan yang  bisa menggantikan fungsi air putih dalam menydiakan cairan tubuh. Apa saja makanan itu? Mari kita simak ulasang berikut ini.

Baca Juga:


Makanan pencegah dehidrasi

Mentimun
Buah mentimun menjadi urutan teratas sebagai pengganti air putih. Hal ini disebabkan karena kandungan air dalam buah lonjong dan panjang ini mencapai 95%. Sehingga sangat tepat untuk meningkatkan cairan di dalam tubuh.


Selada
Selain buah mentium, ternyata sayur selada pun memiliki kandungan air hingga 95%. Sehingga sangat baik untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Selain itu, selada juga baik untuk sistem pencernaan karena kaya akan serat.


Seledri
Senada dengan sayur selada, seledri pun mengandung kadar air yang cukup tinggi. Selain itu juga sangat baik untuk mengontrol nafsu makan yang berlebihan, sehingga baik pula untuk program diet.


Lobak
Sayuran selanjutnya yang memiliki kandungan air banyak adalah lobak. Selain itu juga, sayuran unik ini juga mengandung vitamin, kalium dan zat antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.


Tomat
Kandungan air hingga 94% dalam buah tomat juga bisa diandalkan untuk mengantisipasi kekurangan cairan tubuh. Konsumsinya bisa dengan membuatnya sebagai tamaban es buah, manisan atau dibuat jus.


Paprika
Terutama paprika hijau kaya akan air. Banyak yang tidak menyangka bahwa sayuran ini juga berkhasiat untuk menghindari dehidrasi.


Semangka
Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa buah yang satu ini pasti bisa menambah cairan di dalam tubuh. Efek segar yang dihasilkannya menunjukkan kalau buah ini mengandung banyak air di dalamnya.


Stroberi
Meski bentuknya kecil, namun buah merah imut ini juga merupakan makanan ampuh utnuk mencegah dari dehidrasi.


Bayam
Banyak manfaat yang didapatkan dari sayuran hijau ini. Kandungan nutrisi yang melimpah dalam seikat sayur bayam telah mencukupi untuk kesehatan dan vitalitas tubuh. Nutrisi yang ada dalam sayur bayam seperi kalium, lutein, folat dan juga serat.


Brokoli
Sayuran ini juga bisa digunakan sebagai pencegah dehidrasi. Selain juga terbukti sangat baik untuk membersihkan racun di dalam tubuh.


Demikianlah beberapa deretan makanan pengganti ar putih sebagai penyedia cairan di dalam tubuh. Bagaimana, menarik bukan?

0 Response to "Bukan Hanya Air, Deretan Makanan Ini Baik Untuk Mencegah Dehidrasi"